Business plan ? apa ya? Banyak yang
bilang kalo itu adalah gerbang menuju kekayaan, banyak juga yang bilang itu
gerbang menuju kebangkrutan? Jadi mana yang bener sih?
Pertama
tama kita telaah dulu apasih itu business plan atau perencanaan bisnis. Intinya
plan itu dibuat untuk mencapai suatu tujuan atau akhir dari plan tersebut. Seperti
menuju suatu tempat, kita membutuhkan sebuah peta atau penunjuk jalan untuk
tetap menjaga kita dijalur yang benar menuju tujuan. Sama halnya dengan bisnis,
tetapi tujuan dalam business plan haruslah besar dan berjangka waktu panjang
minimal 4 tahun. Kenapa mesti lama sih? Soalnya didalam bisnis, pasang surut
sering terjadi, penurunan pendapatan, kerugian, bahkan keuntungan yang besar. Dan
didalam plan yang besar itu, kita buat plan mini untuk mencapai titik titik
tujuan atau checkpoint penunjang tujuan besar. Dan didalam plan mini itu
kita buat plan lagi dan seterusnya, kalo bisa bikin banyak banget hahaha ^^
Didalam pelaksanaan plan tadi,
kita harus melakukan check. Langkahnya, Plan – Do – Check . Lakukan
sebanyak-banyaknya minimal 10 kali. Kita check apakah kenyataan sama dengan
ekspektasi? Berapa jauh bedanya? Lebih menguntungkan atau malah merugikan? Itulah
gunanya check, untuk menghentikan sejenak langkah besar kita, dan mengubahnya
menjadi langkah-langkah kecil namun pasti.
Isi dasar dari sebuah business
plan, pertama visi-misi. Slogan atau motto. Struktur organisasi. Timeline perjalanan
jangka panjang.
Visi dan misi. Setiap bisnis
harus mempunyai visi dan misi. Visi merupakan tujuan akhir kita, sedangkan misi
adalah hal yang menopang dan mendorong visi kita untuk berhasil. Seberapa penting
sih visi dan misi? Sangat sangat super duper penting (lebay :p) haha, sangat
penting kenapa? Karena sebuah bisnis plan tentu harus mempunyai tujuan akhir
yang seirama dengan tujuan suatu bisnis. Tentukan visi dari latar belakang kita
membuat sebuah bisnis, melihat dari pasar segi pembeli dan penjual. Jadilah orang
yang visioner !
Slogan atau motto. Kenapa sih
slogan atau motto juga penting? Karena pasang surutnya bisnis sering membuat
hati dan diri kita melemah L.
Nahh, motto bisa kita jadikan sebagai motivasi kita untuk berbisnis. Dan bisa
kita gunakan sebagai tenaga marketing untuk menarik minat pasar. Unik dan
original merupakan kunci kesuksesan sebuah motto atau slogan !
Struktur organisasi. Satu batang
lidi sangat mudah patah jika dipukulkan ke badan kita sendiri, jika 100 batang
lidi dipukulkan ke badan kita, bukan lidinya yang patah, kemungkinan badan kita
yang remuk hahaha. Mungkin kalian sering mendengar kata kata itu di film film,
karena memang dengan bersatu menjadi suatu sistem, kita dapat menjadi INVICIBLE
!! Dengan terstrukturnya suatu perusahaan, pekerjaan menjadi semakin mudah,
efektif, dan saling menguntungkan. Tapi memang sangat sulit mendapatkan tenaga
kerja yang dapat dipercaya. Salah satu cara yang sangat ampuh untuk digunakan
sebagai cara mencari SDM adalah menyatukan persepsi, visi dan misi. Dengan itu,
SDM dapat termotivasi oleh sesuatu yang sama dengan kita, dengan seperti itu
perusahaan dapat bekerja tanpa ada yang beda jalur atau salah jalan.
Timeline. Dengan sistem
Plan - Do – Check tadi timeline sangat dibutuhkan. Tujuan kecil yang akan kita
tuju hanya akan kita ketahui jika kita mempunyai timelinenya. Keuntungan dan
kerugian pun dapat terlihat lebih jelas melalui perbandingan ekspetasi timeline
dengan kejadian real. Kita harus membuat timeline se-detail mungkin dan se-real
mungkin. Kenapa? Untuk mencegah jarak yang terlalu jauh antara ekspektasi dan
realita.
Jadi seberapa besar sih Peran Business
Plan dalam Kewirausahaan ? Sangat berperan banget kan? Iya, sangat penting untung kelangsungan
sebuah bisnis dalam perusahaan, dan menjadi peta menuju tujuan akhir
yang diinginkan. Segitu dulu bahas business plan nya. See ya ^^
oleh metafiliana
oleh metafiliana
reference :
0 comments: